Salah satu tipe sistem katup pada motor 4 tak adalah Over Head Valve . Di sini saya akan menjelaskan cara kerja dan komponen - komponen dari sistem katup tipe Over Head Valve . Seperti pernah saya jelaskan sebelumnya , bahwa sistem katup berfungsi untuk mengatur masuk dan keluarnya gas pada ruang bakar dan silinder blok .
Katup masuk akan membuka saluran masuk pada saat langkah hisap , sedangkan pada langkah kompresi , langkah usaha dan langkah buang akan selalu tertutup . Sementara katup buang akan membuka saluran buang pada saat langkah buang , sedangkan pada langkah hisap , langkah kompresi dan langkah usaha akan selalu menutup saluran buang .
Pergerakkan membuka dan menutup dari katup diatur oleh pergerakkan dari komponen - komponen mekanisme katup yang lainnya . Tenaga gerak untuk membuka dan menutupnya katup ini di ambil dari tenaga putar poros engkol . Tenaga putar poros engkol diteruskan ke sprocket crankshaft untuk memutar sprocket camshaft . Dengan berputarnya sprocket camshaft , maka camshaft pun ikut berputar . Sebagaimana kita ketahui bahwa campada camshaft memiliki bentuk yang tidak bulat atau ada bagian yang lebih menonjol pada salah satu sisinya . Dan posisi dari tiap setiap cam pada camshaft tidaklah sama atau sejajar , semuanya telah disesuaikan dengan waktu katup / timing valve dari tiap - tiap mesin . Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat postingan saya mengenai camshaft . Ketika sisi cam yang menonjol ini mulai berada di atas putaran , maka cam akan mulai menekan tappet atau valve lifter . Dengan tertekannya tappet / valve lifter , maka tappet pun akan menekan pushrod untuk bergerak naik . Push rod pun akan menekan rocker arm , lalu rocker arm akan menekan katup . Dengan tertekannya katup maka katup pun akan membukakan saluran . Namun pergerakkan rocker arm dalam menekan katup ini , adalah melawan gaya per dari per katup . Ketika sisi menonjol dari cam ini sudah tidak menekan tappet , maka katup pun akan kembali tertutup . Gerak menutup katup ini disebabkan oleh gaya dari per katup . Dengan menutupnya katup , maka rocker arm pun akan terdorong . Dan gerak rocker arm ini akan mendorong pushrod dan pushrod mendorong tappet untuk kembali ke posisi semula (saat belum tertekan oleh sisi cam yang menonjol ) .
Skema pergerakkan mekanisme katupnya seperti ini ;
Untuk lebih jelasnya , silahkan Anda download Animasi videonya di bawah ini
download di sini
Katup masuk akan membuka saluran masuk pada saat langkah hisap , sedangkan pada langkah kompresi , langkah usaha dan langkah buang akan selalu tertutup . Sementara katup buang akan membuka saluran buang pada saat langkah buang , sedangkan pada langkah hisap , langkah kompresi dan langkah usaha akan selalu menutup saluran buang .
Pergerakkan membuka dan menutup dari katup diatur oleh pergerakkan dari komponen - komponen mekanisme katup yang lainnya . Tenaga gerak untuk membuka dan menutupnya katup ini di ambil dari tenaga putar poros engkol . Tenaga putar poros engkol diteruskan ke sprocket crankshaft untuk memutar sprocket camshaft . Dengan berputarnya sprocket camshaft , maka camshaft pun ikut berputar . Sebagaimana kita ketahui bahwa campada camshaft memiliki bentuk yang tidak bulat atau ada bagian yang lebih menonjol pada salah satu sisinya . Dan posisi dari tiap setiap cam pada camshaft tidaklah sama atau sejajar , semuanya telah disesuaikan dengan waktu katup / timing valve dari tiap - tiap mesin . Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat postingan saya mengenai camshaft . Ketika sisi cam yang menonjol ini mulai berada di atas putaran , maka cam akan mulai menekan tappet atau valve lifter . Dengan tertekannya tappet / valve lifter , maka tappet pun akan menekan pushrod untuk bergerak naik . Push rod pun akan menekan rocker arm , lalu rocker arm akan menekan katup . Dengan tertekannya katup maka katup pun akan membukakan saluran . Namun pergerakkan rocker arm dalam menekan katup ini , adalah melawan gaya per dari per katup . Ketika sisi menonjol dari cam ini sudah tidak menekan tappet , maka katup pun akan kembali tertutup . Gerak menutup katup ini disebabkan oleh gaya dari per katup . Dengan menutupnya katup , maka rocker arm pun akan terdorong . Dan gerak rocker arm ini akan mendorong pushrod dan pushrod mendorong tappet untuk kembali ke posisi semula (saat belum tertekan oleh sisi cam yang menonjol ) .
Skema pergerakkan mekanisme katupnya seperti ini ;
- Katup membuka saluran
Untuk lebih jelasnya , silahkan Anda download Animasi videonya di bawah ini
download di sini