SILINDER BLOK & MACAM-MACAMNYA

Mengenal Silinder blok

Silinder blok adalah merupakan bentuk dasar dari suatu mesin yang terbuat dari besi tuang atau campuran dari nikel dan alumunium.
Fungsi silinder blok adalah :
  1. Tempat piston dipasangkan untuk melakukan gerakan naik - turun, menerima ledakan pembakaran dan menghasilkan tenaga.
  2. Tempat pemasangan crankshaft ( poros engkol).
  3. Tempat mendinginkan panas mesin melalui water jacket yang terdapat disekeliling silinder.
  4. Tempat pemasangan oli pan untuk menampung oli.
Sedangkan tabung silinder ( cylinder bore ) terbagi atas dua macam yaitu :

1.  Tipe basah ( wet type)
     Pada silinder blok tipe ini letak water jacket berhubungan langsung dengan liner. Water jacket adalah ruang pada blok yang berisi air pendingin dari radiator. Hal ini membuat liner pada silinder blok tidak cepat panas. Sementara liner itu sendiri adalah sebuah tabung tempat piston melakukan gerakan naik turun.
2.  Tipe kering (dry tipe)
      Pada silinder blok tipe ini letak water jacket tidak berhubungan langsung dengan liner . Hal ini membuat liner cepat panas pada saat mesin hidup.




Macam - macam sistem pemasukan pada sepeda motor 2 tak

Pada sepeda motor 2 tak tidak memiliki sistem katup seperti sepeda motor 4 tak. Seperti telah saya bahas dalam postingan sebelumnya, sepeda motor membutuhkan 2 langkah untuk mendapatkan 1 kali usaha. Berbeda sekali dengan sepeda motor 4 tak yang membutuhkan 4 langkah untuk menghasilkan 1 kali usaha. Baca kembali potingan saya tentang cara kerja sepeda motor 2 tak! Namun sepeda motor 2 tak dilengkapi dengan sistem pemasukkan yang berfungsi mengatur pemasukkan campuran bensin dan udara ke dalam ruang bakar. Sistem pemsukkan pada sepeda motor 2 tak ada banyak sekali macamnya. Berikut ini adalah  macam - macam sistem pemasukkan gas sepeda motor:

Sistem Reed Valve
Sepeda motor dengan sistem reed valve adalah sepeda motor yang pembukaan dan penutupan saluran pemasukkan gasnya diatur oleh reed valve atau disebut juga klep harmonika. 

Sistem rotary valve
Sepeda motor dengan sistem rotary valve adalah sepeda motor yang pembukaan dan penutupannya saluran pemasukan gas barunya diatur oleh sebuah alat yang disebut rotary valve atau klep berputar. Untuk sepeda motor yang menggunakan tipe ini , letak karburatornya berada di dalam bak engkol, sehingga tidak nampak dari luar. 

Sistem piston valve
Sepeda motor dengan sistem ini adalah sepeda motor yang pembukaan dan penutupan saluran pemasukan gas barunya dan saluran gas buangnya diatur oleh piston. 

Sistem crankshaft valve 
Sepeda motor dengan sistem ini pemasukan dan penutupan saluran gas barunya diatur oleh crankshaft . Karburator sepeda motor berada diletakkan disamping bak engkol. Contohnya vespa.

Sekian penjelasan singkat saya tentang silinder blok dan macam - macamnya, semoga dapat menambah pengentahuan Anda tentang mesin otomotif.