Sistem kemudi adalah sistem pengaturan arah roda - roda depan mobil , untuk mengatur arah laju mobil. Banyak sekali kita mengenal macam - macam sistem kemudi pada mobil, hal itu adalah hasil riset dari para produsen mobil dalam upayanya mencapai kestabilan pengemudaian untuk tiap - tiap produk mobilnya. Tapi secara garis besar kita dapat mengelompokkannya menjadi dua :
- Sistem kemudi konvensional : Sistem kemudi tipe ini menyalurkan perpindahan gaya pengemudiannya secara mekanis.
- Power steering : Sistem kemudi tipe ini menyalurkan gaya pengemudiaannya dengan perantaraan media fluida , dalam hal ini menggunakan minyak power steering.
- Roda kemudi: Komponen ini berfungsi untuk menerima gaya pengemudian dari tangan pengemudi.
- Steering coloumn dan main shaft : Komponen ini berfungsi untuk meneruskan gaya pengemudian dari roda kemudi.
- Steering gear box: Komponen ini menerima gaya pengemudian dari steering shaft untuk diteruskan ke pitman arm.
- Link - link ( tuas - tuas kemudi ) : Komponen ini berfungsi untuk meneruskan gaya pengemudian dari pitman arm ke roda - roda depan mobil.
- Vane pump: berfungsi untuk mensirkulasikan minyak power steering di dalam komponen - komponen power steering.
- Gear box : gear box untuk power steering berbeda dengan gear box tipe steering konvensional.
- Pipa pendingin : berfungsi mendinginkan suhu minyak power steering untuk dialirakan kembali ke vane pump.
- Pipa bertekanan : adalah pipa dari vane pump menuju gear box yang berfungsi mengalirkan minyak power steering dari ke gear box.
- Pipa pengembalian : adalah pipa pengembalian minyak power steering dari gear box menuju pipa pendingin.