Mengenal Ban luar pada mobil dan sepeda motor

Mengenal ban luar dari mobil dan sepeda motor adalah suatu keharusan bagi kita. Ban memegang peranan sangat penting dalam menentukan laju kendaraan dan keselamatan pengemudi. Ban yang tidak baik mempengaruhi gesekan terhadap permukaan jalan dan dapat mempengaruhi tingkat kecepatan dari laju kendaraan kita sendiri. Bagi anda pecinta setia dari motor balap GP maupun superbike, pastinya Anda sering mendengar bahwa sering terjadi kekalahan dari seorang pembalap adalah karena ban yang digunakan sepeda motornya tidak baik.

Sebenarnya apa fungsi ban dari sepeda motor maupun mobil ? Fungsi ban pada sepeda motor maupun mobil adalah untuk memikul beban kendaraan dan meredam kejutan - kejutan yang ditimbulkan oleh keadaan permukaan jalan yang tidak rata. Sedangkan beban pada kendaraan dapat digolongkan dalam 3 kelompok :

  1. Beban atas, yaitu beban karena berat kendaraan itu sendiri.
  2. Beban kiri kanan, yaitu beban karena adanya kontrol arah pada saat kendaraan membelok.
  3. Beban depan belakang, yaitu beban karena adanya laju kendaraan atau karena adanya pengereman mendadak.
Konstruksi ban dapat dibagi dalam empat bagian utama; carcas, tread, breaker dan bead. Atau menurut fungsinya ban dapat dibagi pula menjadi: crown, shoulder, side wall, dan bead. Sekarang akan saya jelaskan konstruksinya satu per satu:
  • Carcas: Carcas ada di dalam ban. Fungsinya adalah menahan berat, goncangan, tumbukan dan tekanan angin. Carcas dibuat dari lembaran - lembaran ply cords. Karet yang melapisi ply cords tidak hanya melindungi dari kerusakan luar, tapi juga melindungi dari gesekan antara cords.
  • Tread: Tread adalah kulit ban. Fungsinya melindungi carcas dari keausan dan lain- lain kerusakan. Bagian dari tread yang berhubungan dengan jalan disebut crown. Bagian samping ban disebut side wall. Dan bagian side wall yang bertemu dengan tread disebut shoulder. Permukaan crown mempunyai macam - macam patern. Alur - alur yang dibuat pada permukaan ban tersebut disebut groove. 
  • Breaker: Ditempatkan diantara tread dan carcas yang berfungsi untuk meredam goncangan. 
  • Bead: Berfungsi untuk untuk menahan kedua ujung cord dan menjamin pemasangan yang kuat dari ban ke pelek. Kawat bead dibuat dari baja karbon tinggi. Bagian yang berhubungan dengan pelek dan lebih dekat dengan pusat ban disebut bead toe. 

Sementara ini cukup sampai di sini materi pelajaran tentang ban. Untuk lebih jelasnya lagi, saya akan tampilkan pada postingan berikutnya.