SUPERVISI
KUNJUNGAN KELAS
Nama Madrasah : MIN Pasir Agung Semester : …………………
Nama Guru : ……………………. Jam ke : …………………
Mata Pelajaran : ……………………. Hari Tanggal : …………………
No | ASPEK YANG DINILAI | TOTAL MAKSIMUM | PEROLEHAN NILAI | KET |
I | PERSIAPAN | |||
1. Program Semester | 30 | |||
2. Rencana Pembelajaran | ||||
a. Rumusan Indikator Kompetensi | 10 | |||
b. Penjabaran Materi | 10 | |||
c. Alat/Bahan Pelajaran | 20 | |||
d. Langkah Pembelajaran | 20 | |||
e. Penilaian (PBK) | 10 | |||
Jumlah | 100 | |||
II | KEGIATAN PEMBELAJARAN | |||
A. PENDAHULUAN | ||||
1. Penampilan Guru | 40 | |||
2. Appersepsi/ Motivasi | 40 | |||
3. Penggunaan Bahasa | 20 | |||
B PENGEMBANGAN | ||||
1. Penguasaan Materi | 50 | |||
2. Penyajian | 30 | |||
3. Metode/ Pendekatan | 40 | |||
4. Penggunaan Alat Bantu | 20 | |||
5. Partisipasi siswa | 20 | |||
6. Bimbingan siswa | 20 | |||
7. Teknik Bertanya | 20 | |||
C. PENUTUP | ||||
1. Latihan/ Tanya Jawab | 20 | |||
2. Daya Serap Ketuntasan Belajar | 30 | |||
3. Resume/ Kesimpulan | 30 | |||
4. Tugas/ Resitasi | 10 | |||
5. Kesesuaian dg. Alokasi Waktu | 10 | |||
Jumlah | 400 | |||
Total Nilai | 500 |
Kesimpulan : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Saran : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Pasir Agung, ……………..2009
Supervisor
Nizar Rofiki, S.Ag
NIP. 150304059
PENGAMATAN
PROSES PEMBELAJARAN
I IDENTITAS PROSES PEMBELAJARAN YANG DIAMATI
1. Nama Madrasah : ………………………………………….
2. Alamat Madrasah : ………………………………………….
………………………………………….
………………………………………….
3. Nama Pengawas/Supervisor : ………………………………………….
4. Nama Guru : ………………………………………….
5. Mata Pelajaran yang Diajarkan : ………………………………………….
6. Pokok Bahasan : ………………………………………….
7. Standar Kompetensi : ………………………………………….
………………………………………….
………………………………….............
8. Indikator Kompetensi : ………………………………………….
………………………………………….
………………………………………….
9. Kelas : ………………………………………….
10. Semester : ………………………………………….
11. Waktu : ………………………………………….
II. ASPEK YANG DIAMATI
Berilah tanda pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda, dan catatlah hal-hal
Penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.
1 = tidak ada 2 = kurang baik 3 = cukup baik 4 = baik 5 = sangat baik
NO | ASPEK YANG DIAMATI | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | KET. |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | A. PERSIAPAN MENGAJAR Bagaimana persiapan guru mengenai : Analisa Materi Pelajaran ( AMP ) ? Program Tahunan ? Program Semester ? Program Satuan Pelajaran ? Rencana Pengajaran ? Lembar Kegiatan Siswa ? Alat, Bahan, atau Media Pembelajaran | ||||||
8. 9. 10. 11. | B. PENDAHULUAN Apakah guru, Memotivasi / membangkitkan minat siswa untuk belajar ? Menghubungkan pelajaran terdahulu yang merupakan prasyarat untuk materi yang akan diajarkan ? Mengkomunikasikan kompetensi dasar dan indicator kompetensi ? Menjelaskan alat/bahan yang belum dikenal siswa yang akan digunakan dalam Proses Pembelajaran ? | ||||||
12. 13. 14. 15 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. | C. KEGIATAN POKOK Apakah guru, Menggunakan alat, bahan atau media pembelajaran ? Berperan sebagai fasilitator ? Menyajikan materi pelajaran secara logis atau sistematis ? Menghubungkan materi pelajaran dengan tekhnologi ? Menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari – hari ? Memantau kemajuan / kesulitan belajar siswa ? Apakah siswa, Menggunakan alat atau bahan untuk melakukan percobaan ? Mengenal variable dalam percobaan ? Aktif dalam diskusi kelompok ? Mengkomunikasikan hasil pengamatan /percobaan / diskusi / belajar ? Menyimpulkan hasil pengamatan/percobaan/diskusi/belajar ? Mengajukan pertanyaan / ide yang berbobot ? Memberikan lain penerapan pengetahuan yang dipelajari dalam tekhnologi ? Memberikan contoh lain penerapan pengerahuan yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari – hari ? | ||||||
26. 27. 28. | D. PENUTUP Apakah guru, Membimbing siswa membuat rangkuman ? Mengajukan pertanyaan untuk mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran ? Memberikan tugas (pekerjaan rumah) untuk pertemuan berikutnya ? | ||||||