SUPERVISI
OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Nama Madrasah : …………………………………………………………………………….
2. Nama Guru : …………………………………………………………………………….
3. Mata Pelajaran : …………………………………………………………………………….
4. SK/KD : …………………………………………………………………………….
5. Semester/Kelas : …………………………………………………………………………….
6. Jam Pelajaran ke : …………………………………………………………………………….
No | Aspek Yang dinilai | Jawaban | Nilai | Keterangan | |
Ya/ | Tidak | ||||
I II | PERSIAPAN 1. Persiapan Semester 2. Program Satuan Pelajaran. a. Perumusan Kompetensi dasar b. Perumusan Indikator kompetensi c. Penjabaran materi d. Alat/bahan pengajaran e. Langkah – langkah PBM f. Penilaian KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR A. PENDAHULUAN 1. penampilan guru 2. Apersepsi/ motivasi 3. Penggunaan Bahasa B. PENGEMBANGAN 1. Penguasaan materi 2. penyajian sesuai dengan urutan materi 3. penggunaan bahasa C. PENERAPAN DAN PENUTUP 1. tes proses belajar 2. Daya serap 3. Resume 4. Tugas siswa 5. pelaksanaan sesuai dengan alokasi waktu 6. mengahiri pelajaran dengan baik. | ||||
JUMLAH NILAI |
PEDOMAN PENILAIAN
OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO | KOMPONEN | PENILAIAN | NILAI | |
MAKS | JUMLAH | |||
I | PERSIAPAN 1. Persiapan semester 2. Program pembelajaran a. Kompetensi dasar b. Indokator kompetensi c. Penjabaran materi d. Alat/bahan pelajaran e. Langkah – langkah PBM f. Penilaian KEGIATAN PEMBALAJARAN A. PENDAHULUAN 1. Penampilan Guru 2. Persepsi/motiasi 3. Penggunaan Bahasa B. PENGEMBANGAN 1. Penguasaan materi 2. penyajian sesuai dengan urutan materi 3. metode / pendekatan 4. penggunaan alat Bantu 5. partisipasi siswa terhadap 6. bimbingan terhadap siswa 7. Teknik bertanya. C. PENUTUP 1. Tes Proses Belajar 2. Daya Serap 3. Resume 4. Tugas siswa 5. Pelaksanaan sesuai dengan alokasi waktu 6. Mengahiri pelajaran dengan baik | Memuat : Alokasi waktu PB/PSB Tes Proses, Ulangan Harian,Ulangan Umum | 40 30 30 | |
Disalin dari silabus Membuat : P Rumusan Sepesifik P Menggunakan kata operasional P Dapat diukur/dibuat norma penilaian Membuat bahan/materi yang esensial yang berkaitan dengan kompetensi dasar Alat/bahan pelajaran dari sekolah dan yang dibuat oleh guru yang bersangkutan Pendekatan dengan metode bervariasi Membuat butir – butir soal untuk mengukur tercapai tidaknya indicator kompetensi. | 20 20 20 20 60 40 60 60 | 100 | ||
Rapi, bersih, ceria dan disiplin Mengingatkan kembali atas pelajaran yang lalu dan mengemukakan pentingnya bahan tersebut Menggunakan bahasa Menghidari penggunaan istilah bahasa asing dan bahasa pasaran. Menguasai bahan pelajaran yang akan disajikan tanpa melihat catatan/buku pegangan. Sistematika penyajian sesuai dengan urutan materi dan berkesinabungan dengan teratur. Metode penyajian sesuai dengan mata pelajaran dan bervariasi Pendekatan keterampilan proses CBSA Menyiapkan alat dengan melibatkan siswa LKS Perbandingan kegiatan guru dan siswa : 60:40 70:30 80:30 Pernyataan hendaknya menjauhi jawaban berupa koor | 40 40 10 10 40 40 40 40 20 20 20 40 40 | 300 | ||
Mengadakan pertanyaan mengacu kepada tercapainya tujuan pembelajaran khusus Tes proses belajar tercapai 75 % perorangan dan 85% kolektif. Ø Resume dibuat bersama siswa yang merupakan inti sari dari tatap muka. Pemberian tugas yang baik mengenai waktu maupun jenisnya. Target kurikulum tercapai sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan. | 50 50 40 20 30 10 | 400 | ||
200 | ||||
Jumlah Nilai Seluruhnya | 1000 | 1000 |
Catatan:
1. Jumlah nilai 1000 diubah menjadi 100 , sehingga nilai tertinggi adalah 100
2. Nilai angka kwantitatif dirubah menjadi angka kuantitatif
a. A ( amat Baik ) : 91-100
b. B ( Baik ) : 76 – 90
c. C ( Cukup ) : 1 - 75