Berikut ini adalah contoh proposal pengajuan dana MI
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kami panjatkan Kehadhirat Allah karena atas rahmat dan petunjukNya , kami dapat menyelesaikan proposal peningkatan kompetensi guru melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan menggunakan dana Bantuan KKG dari Kanwil Depag Provinsi Riau tahun 2009. selanjutnya kami mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah turut membantu dalam penyusunan proposal ini.
Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna , untuk saran dan kritikannya dari berbagai pihak untuk menyempurnakan proposal ini akan kami terima dengan senang hati .
Akhirnya kami berharap semoga proposal ini bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Rokan Hulu .
Bangun Purba, 19 Maret 2009
Ketua KKG MI Kab. Rokan Hulu
Nizar Rofiki, S.Ag
Nip. 150304059
i
DAFTAR ISI
- KATA PENGANTAR ………………………………………………………..i
- DAFTAR ISI …………………………………………………………………ii
- BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang …………………………………………..1
B. Tujuan …………………………………………………..1
C. Sasaran …………………………………………………..1
D. Hasil Yang diharapkan ………………………………….2
E. Manfaat ……………………………………………………2
4. BAB II : DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN …………………………………………………3
- BAB III : RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN
A. Jenis Program, Tujuan dan Kegiatan …………………..4
B. Rencana Anggaran Belanja………………………………5
C. Jadwal …………………………………………………….5
- BAB IV : PENUTUP
A. Kesimpulan. ……………………………………………..6
B. Saran ……………………………………………………..6
- LAMPIRAN : Susunan Pengurus Disahkan ………………………………7
ii
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Peningkatan mutu pendidikan Guru khususnya di Madrasah Ibtidaiyah merupakan pemikiran pokok serius dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia. Madrasah Ibtidaiyah adalah satuan pendidikan formal yang pertama yang bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap dan kemampuan , serta diamandemenkan oleh UUD 1945, untuk itu kompetensi guru perlu dikmbangkan secara terprogram , selanjutnya melalui suatu system pembinaan yang dapat meningkatkan kualitas professional guru.
System pembinaan professional yang diharapkan ialah suatu pola pembinaan yang mampu meningkatkan dan mendorong guru untuk belajar dan senantiasa mengembangkan diri untuk meningkatkan keterampilan , kemamuan sikap sehingga memberi dampak positif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Salah satunya Kelompok Kerja Guru ( KKG ). Adalah merupakan wadah pembinaan Guru oleh tenaga pendidik yang lainnya misalnya pengawas, kepala sekolah dan Guru senior lainnya. Disamping itu Kepala Sekolah dan pengawas harus memiliki wawasan yang luas, pengetahuan dan keterampilan dalam membina dan pengelolaan menajemen sekolah dengan baik agar terciptalah sekolah yang kompetitif , nyaman dan damai, sehingga semua warga sekolah termotivasi untuk saling memiliki , percaya diri dan bertindak sesuai dengan tanggung jawab yang telah dipikulnya.
- Tujuan
Sesuai dengan fungsi dana yang diberikan adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran sekolah dengan pelatihan kelompok kerja guru.
- Sasaran
Guru – guru
Kepala Sekolah
Pengawas
Peserta Didik
Masyarakat yang ada disekitar lingkungan sekolah
Komite Sekolah
Orang Tua / Wali Murid
Elemen masyarakat yang peduli dengan pendidikan.
1
- Hasil yang diharapkan
Guru yang berprestasi / Berkualitas
Sistem berprestasi dan terampil
Situasi sekolah yang kondusif
Kerjasama warga sekolah yang baik.
Output (kelulusan) yang bermutu
Sekolah yang memiliki pengaruh terhadap masyarakat
- Manfaat
Meningkatkan mutu guru dalam penguasaan ilmu pengetahuan
Mempunyai kecakapan dan dedikasi
Mempunyai kemampuan yang terampil dan wawasan luas
Memiliki kompetensi /skill dalam mengajar di kelas
Memberikan semangat bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran
Memperkecilkan kesulitan guru dalam mentransformasikan pengetahuan.
2
BAB II
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
Berdasarkan program yang telah disusun oleh anggota KKG beserta pengurus, tepatnya program kerja tahunan 2007 dan 2008 telah memberikan beberapa kemampuan kepada para anggota KKG , terutaa didalam menyusun kelengkapan / perangkat pembelajaran di kelas , antara lain adalah sebagai berikut:
Mampu menyusun program pengajaran sesuai dengan kurikulum ( KTSP )
Mempu membuat persiapan belajar
Dapat melakukan analisis pembelajaran pada tiap mata pelajaran
Dapat menentukan alokasi waktu pembelajarna efektif
Mempu mengidentifikasi kopetensi dasar pada setiap standar kopetensi sesuai dengan mata pelajaran.
Menyusun program semester dan tahunan
Menyusun silabus/scenario pembelajaran
Menyusun kriteria ketuntasan minimal ( KKM )
Mengadakan perlombaan bidang studi pergugus
Penilaian KTSP
Mendiskusikan materi yang sulit.
Namun disamping kemampuan yang telah tersebut tentu masih ada kegiatan lainnya yang terus digali dan memiliki leh guru – guru demi kelancaran tugasnya disekolah, sehingga dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas serta meningkatkan kemampuan anak didiknya.
3
BAB III
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN
- Jenis Program , Tujuan dan Kegiatan
I. Jenis Program
1. Menyusun Program semester dan tahunan
2. Menyusun silabus / Skenario pembelajaran lanjutan
3. Menyusunkriteria ketuntasan minimal ( KKM )
4. menyusun penilaian KTSP
5. membuat model pembelajaran
6. Merumuskan kisi – kisi dan indicator soal.
7. pembahasan materi – materi sulit dalam bidang studi Matematika dan IPA
8. Mengadakan studi banding luar daerah
9. membuat alat peraga dan melakukan percobaan sederhana.
II. Tujuan.
Tujuan dari pada program yang direncanakan adalah untuk mewujudkan guru professional dan mampu mentransformasikan kopepetensi dasar yang ditentukan oleh kurikulum yang berbasis kopetensi, seiring dengan itupun program ini bertujuan untuk membiasakan guru lebih disiplin dalam bekerja sesuai dengan tuntutan propesinya.
III. Kegiatan
Berdasarkan jenis program yang akan dilaksanakan pada KKG tahun 2008/2009 ini, maka kegiatan dititik beratkan pada tugas – tugas guru didalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, namun kegiatan ada juga seperti halnya mengadakan studi banding kedaerah lain. Kegiatan ini merupakan penyelenggaraan pada guru – guru dalam melepaskan kejenuhannya. Disamping itu untuk melihat dan mengukur serta mendapat mengevaluasi sampai sejauh mana kemampuan atau kekurangan yang terjadi pada guru yang bersangkutan.
4
B. Rencana Anggaran Belanja ( RAB )
Rencana Anggaran yang diajukan berdasarkan dana yang diterima , dengan rincian sebagai berikut.
No | Uraian Kegiatan | Volume | Harga Satuan (Rp) | Jumlah ( Rp) |
1 | Pelatihan Kelengkapan Administrasi Kepala Sekolah dan administrasi guru | |||
A. Transportasi peserta, panitia dan Tutor | ||||
Peserta (35 orang x 2 hari ) | 70 OH | 15.000 | 1.050.000 | |
Panitia ( 5 orang x 2 hari ) | 10 OH | 50.000 | 500.000 | |
Tutor ( 3 orang x 2 hari ) | 6 OH | 200.000 | 1.200.000 | |
B. Biaya konsumsi peserta ,panitia | ||||
Peserta ( 35 orang x 2 hari ) | 70 OH | 30.000 | 2.100.000 | |
Panitia ( 5 orang x 2 hari ) | 10 OH | 30.000 | 300.000 | |
C. Honor Peserta , Panitia dan Tutor | ||||
Peserta ( 20 orang x 2 hari) | 70 OH | 30.000 | 2.100.000 | |
Panitia ( 5 orang x 2 hari ) | 10 OH | 50.000 | 500.000 | |
Tutor ( 3 orang x 2 hari ) | 6 OH | 150.000 | 750.000 | |
D. Sewa Ruangan selama kegiatan pelatihan | 1 kegiatan | 500.000 | 500.000 | |
E. Biaya ATK Pembukaan dan penutupan pelatihan | ||||
ATK dan Penggandaan | 1 kegiatan | 500.000 | 500.000 | |
Pembukaan dan Penutupan | 1 kegiatan | 500.000 | 500.000 | |
TOTAL | 10.000.000 |
C. Jadwal Kegiatan Pelatihan Kelengkapan Administrasi Kepala Sekolah dan Administrasi Guru direncanakan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2009.
5
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Profesionalisme Kepala sekolah dan guru di Kabupaten Rokan Hulu perlu ditingkatkan untuk menunjang keberhasilan pendidikan
2. Kegiatan KKG merupakan cara efektif untuk meningkatkan profesionalisme kepala sekolah dan guru yang harus didukung oleh semua pihak agar berhasil dengan baik.
B. Saran
Penyelenggaraan Kegiatan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) di Rokan Hulu agar afektif diperlukan sarana dan prasarana yang memadai serta pendanaan yang cukup, untuk itu perlu perhatian dan tindak lanjut pihak terkait.
Pasir Pengaraian , 19 Maret 2009
Pengurus KKG Tingkat MI Kab. Rokan Hulu
Ketua Sekretaris
Nizar Rofiki,S.A.g Kamela Sari, A.Md
silakahkan tulis pesan dan kesan komentar atau mungkin ada yang kurang berkenan di hati anda ? terima kasih sudah berkunjung!!!!!!!!