Pengertian Undian Berhadiah - makalah



BAB  I
PENDAHULUAN


A.     PENGERTIAN  UNDIAN  BERHADIAH


Undian  berhadiah  dikenal  dengan  lotere.  Menurut  Ibrahim  Husein  lotere  atau  undian  berhadiah  adalah  salah  satu  cara  untuk  menghimpun  dana  yang  dipergunakan  untuk  proyek  kemanusiaan  dan  kegiatan  social.


Undian  ini  dilakukan  dengan  beberapa  cara,  antara  lain  dengan  cara  menjual  kupon  amal  dengan  nomor-nomor  tertentu.  Tujuannya  untuk  merangsang  dan  menggairahkan  para  penyumbang  (pembeli  kupon)  diberikan  hadiah-hadiah.  Hadiah  ini  biasanya  diundi  di  depan  notaries  dan  dibuka  untuk  umum.  Siapa  saja  yang  nomornya  tepat  akan  mendapatkan  hadiah  tersebut.


Ada  juga  toko  yang  menyebarkan  karcis,  misalnya  tiap-tiap  belanja  seharga  Rp  100.000,00  memperoleh  sebuah  karcis,  pada  waktu-waktu  tertentu  karcis  tersebut  diundi.  Orang  yang  nomor  karcisnya  keluar  akan  memperoleh  hadiah  yang  telah  dijanjikan,  biasanya  hadiah  berupa  motor  atau  mobil.  Undian  seperti  ini  dilakukan  untuk  merangsang  para  pembeli  agar  mau  berbelanja  pada  toko  tersebut.


Hal-hal  di  atas  sering  dijumpai  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Seperti  di  bioskop,  taman  hiburan,  perusahaan  sabun,  pasta  gigi  dan  benda-benda  lainnya.  Disebut  sumbangan  berhadiah  karena  bagi  pemenangnya  akan  memperoleh  hadiah  dari  pihak  penyelenggara.  Disebut  pula  undian  harapan,  karena  hadiah  yang  diharap-harap  itu  penentuannya  melalui  undian.




B.      AKTIVITAS  LOTERE


Lotere  (undian  berhadiah)  dalam  aktivitasnya  melibatkan  hal-hal  sbb:
1.        Penyelenggara,  biasanya  pemerintah  atau  lembaga  swasta  yang  legal  mendapatkan  izin  dari  pemerintah.
2.        Para  penyumbang,  yakni  orang-orang  yang  membeli  kupon  dengan  mengharapkan  hadiah.
       
        Kegiatan  pihak  penyelenggara  adalah  sbb:
1.      Mengedarkan  kupon  (menjual  kupon),  salah  satu  fungsi  pengedaran  kupon  adalah  dapat  dihitungnya  dana  yang  diperoleh  dari  para    penyumbang.
2.      Membagi-bagi  hadiah  sesuai  dengan  ketentuan,  hadiah  ini  diambil   dari  sebagian   hasil  dana  yang  diperoleh.
3.        Menyalurkan  dana  yang  telah  terkumpul  sesuai  dengan  rencana  yang  telah  ditentukan  setelah  diambil  untuk  hadiah  dan  biaya  operasional.


Dalam  makalah  ini  kami  akan  membahas  berbagai  pendapat  ulama  tentang  boleh  tidaknya  undian  berhadiah  atau  lotere  ini  menurut  hokum  Islam.


























BAB  II
UNDIAN  BERHADIAH  MENURUT  ULAMA


A.     MAISIR  MENURUT  IBRAHIM  HOSEN


Ibrahim  Hosen  di  dalam  bukunya  yang  berjudul  Ma  huwa  al  maisir  menyatakan  bahwa  hakikat  judi  menurut  bahasa  Arab  adalah  permainan  yang  mengandung  unsur  taruhan  yang  dilakukan  oleh  dua  orang  atau  lebih  secara  langsung  (berhadap-hadapan)   di  dalam  suatu  majelis.  Selanjutnya  menurut  beliau  yang  harus  digarisbawahi  adalah  taruhan  dan  langsung  (berhadap-hadapan).
Pada  diskusi  yang  kami  lakukan,  menurut  dosen  pembimbing,  pendapat  Ibrahim  Hosen  itu  sudah  tidak  relevan  dengan  kondisi  yang  sekarang.  Sebab  undian  berhadiah  yang  berkembang  saat  ini  tidak  hanya  dilakukan  secara  berhadap-hadapan  tetapi  juga  bisa  lewat  media  komunikasi  seperti  sms  dan  lewat  internet.  Melalui  media  ini  tentunya  tidak  dilakukan  secara  langsung  tetapi  melalui  dunia  maya.  Dan  hal  ini  tidak  berarti  bukan  disebut  undian  berhadiah  karena  masih  ada  unsur  taruhannya.
Sebelum  beliau  menjelaskan  illat  judi  Arab,  beliau  menegaskan  bahwa  sifat  yang  dapat  dijadikan  illat  harus:
1.      Merupakan  sifat  yang  jelas  yang  dapat  dicerna  atau  ditangkap  oleh  panca  indra.
2.      Merupakan  sifat  yang  mundabith,  artinya  yang  mantap,  tetap,  pasti  dan  tidak  berubah-ubah  karena  situasi  dan  kondisi.
3.      Sifat  yang  munassib  (relevan),  artinya  dalam  sifat  yang  dijadikan  illat  tadi  mengandung  hikmah.
4.      Sifat  itu  harus  dapat  dibawa/dikembangkan  pada  kasus-kasus  yang  timbul  kemudian,  hal  ini  dilakukan  untuk  diqiyaskan. 


Illat  pengharaman  maisir  tidak  dijelaskan  dalam  nash.  Sekalipun  ada  nash  yang  mengharamkan,  tetapi  tidak  menyinggungnya.  Illat  judi  harus  diteliti,  digali  sehingga  dapat  diketahui.


Pada  surat  Al  Maidah  ayat  90  dikatakan  bahwa  judi  adalah  rijsun  (kotor)  dan  merupakan  perbuatan  syaitan.  Rijsun  dan  perbuatan  syaitan  tidak  dapat  dijadikan  illat  sebab  menurut  beliau  rijsun  itu  subyektif  dan  masih  samar,  perbuatan  syaitan  juga  sulit  untuk  dijadikan  kriteria  dan  batasannya.  Bila  rijsun  dan  perbuatan  syaitan  dijadikan  illat  hukum,  maka  ada  beberapa  hokum  yang  mempunyai  illat  hukum  yang  sama  sebab  ayat  tersebut  membicarakan  maisir,  anshab  dan  azlam.


Selanjutnya  beliau  menjelaskan  surat  Al  Maidah  ayat  91  bahwa  maisir  dalam  ayat  tersebut  akan  menimbulkan  permusuhan  dan  kebencian  serta  akan  menyebabkan  pelakunya  lalai  zikir  kepada  Allah.  Bila  hal  ini  dijadikan  illat  hukum,  maka  akan  terjadi  seperti  pada  ayat  90  di  atas,  yaitu  sifat-sifat  itu  tidak  jelas.


Beliau  juga  berpendapat  bahwa  yang  pertama  berhasil  menemukan  illat  maisir  adalah  Imam  Syafi’i.  illat  maisir  menurut  Imam  Syafi’i  adalah  berhadap-hadapan  langsung.  dan  untuk  pembuktiannya  bisa  dilihat  langsung  dalam  kitab-kitab  fiqhnya  pada  bab  pembahasan  pacuan  kuda.  Menurut  fiqh  mazhab  Syafi’i   terdapat  3  macam  taruhan  yang  dibenarkan  oleh  Islam  yaitu:
  1. Apabila  yang  mengeluarkan  barang  atau  harta  yang  dipertaruhkan  adalah  pihak  ketiga.

  2. Taruhan  yang  bersifat  sepihak.

  3. Taruhan  yang  dilakukan  oleh  dua  orang  atau  lebih  dengan  ketentuan  siapa  saja  yang  kalah  harus  membayar  atau  memberikan  sesuatu  kepada  seseorang  yang  menang.  Akan  tetapi  cara  ini  harus  dengan  yang  menghalalkan.



Ibrahim  Hosen  menjelaskan  bahwa  Muhammad  Abduh  di  dalam  tafsir  al  Manar  berpendapat  bahwa  lotere  berbeda  dengan  judi  (maisir),  sebab  lotere  dilakukan  tidak  berhadap-hadapan  secara  langsung.


Dinukil  dari  kitab  Nailul  Autar  juz  VIII  halaman  258  dijelaskan  bahwa  yang  dimaksud  dengan  maisir  adalah:




“Setiap  permainan  yang  pemainnya  tidak  sunyi  dari  menang  atau  kalah,  maka  disebut  maisir.”


Ta’rif  di  atas  menunjukkan  bahwa  sesuatu  yang  disebut  judi  adalah  permainan  yang  memungkinkan  bagi  pemainnya  untuk  menang  dan  kalah.  Dikemukakan  pula  oleh  Ibrahim  Hosen  dari  kitab  Fathul  Barry  bahwa  yang  disebut  judi  adalah  apabila  masing-masing  dua  pihak  mengeluarkan  taruhan,  siapa  yang  menang  akan  mengambil  benda-benda  yang  dijadikan  taruhan  tersebut.


Akhirnya  Ibrahim  Hosen  menyimpulkan  bahwa  yang  dimaksud  dengan  maisir/judi  adalah  permainan  (baik  yang  lama  maupun  yang  baru  timbul)  yang  mengandung  unsur  taruhan  dan  dilakukan  secara  berhadap-hadapan  atau  langsung.  Sedangkan  apabila  unsur  berhadap-hadapan/langsung  tidak  ada  atau  unsur  taruhan  itu  ada  tetapi  tidak  dilakukan  secara  berhadap-hadapan/langsung,  maka  jelas  permainan  itu  tidak  bisa  dikategorikan  sebagai  maisir  atau  judi.


B.      LOTERE  MENURUT  A.  HASAN  BANGIL


Di  dalam  buku  A.  Hasan  yang  berjudul  Soal  Jawab  tentang  Berbagai  Masalah  Agama  dijelaskan  bahwa  kebanyakan  para  ulama  mengharamkan  lotere  sekalipun  hasil  lotere  tersebut  digunakan  untuk  derma.  Pasalnya  menurut  kebanyakan  ulama,  derma  yang  diberikan  ini  tidak  atas  dasar  keikhlasan,  sedangkan  dalam  konteks  Islam,  ikhlas  merupakan  salah  satu  masalah  yang  dianggap  pokok.


Pada  bait  berikutnya  beliau  menjelaskan  bahwa  mengadakan  (menyelenggarakan  lotere)  adalah  haram  dan  membelinya  adalah  perbuatan dilarang  (diharamkan).








C.     PENERIMAAN  UANG  LOTERE  MENURUT  A.  HASAN


Berdasarkan  kaidah  syara’,  setiap  sesuatu  yang  dihasilkan  dari  cara  yang  haram,  haram  pula  benda  yang  dihasilkannya.  Jika  dilihat  dari  sisi  ini,  maka  penerimaan  uang  hasil  lotere  adalah  haram.


Menurut  beliau  pula  bahwa  keadaan  di  Indonesia  yang  mayoritas  penduduknya  Islam,  namun  hukum-hukum  yang  berlaku  hanya  sebatas  pada  bidang  perkawinan,  ibadah  dan  pembagian  warisan,  tetapi  tidak  pada   aspek  yang  lain  seperti  pembelian  kupon.


Selanjutnya  beliau  menyimpulkan  bahwa  mengadakan  lotere  dan  membeli  lotere  adalah  terlarang,  sedangkan  menerima  dan  meminta  bagian  dari  uang  lotere  adalah  perlu  atau  mesti  sebab  kalau  tidak  diambil  akan  digunakan  oleh  umat  lain  untuk  merusak  umat  Islam  atau  paling  tidak  memundurkannya. 


Pendapat  A.  Hasan  ini  dikritik  oleh  Ibrahim  Hosen.  Menurut  Hosen  pendapat  A.  Hasan  ini  samar  karena  belum  dapat  diketahui  secara  pasti  apa  yang  dimaksud  dengan  “perlu”  dan  “mesti”.  


D.     LOTERE  MENURUT  FUAD  MOHD.  FACHRUDDIN


Fuad  M.  Fachruddin  berpendapat  bahwa  lotere  tidak  termasuk  salah  satu  perbuatan  judi  (maisir)  yang  diharamkan  karena  illat  judi  atau  maisir  tidak  terdapat  dalam  lotere.  Kemudian  dikatakan  bahwa  pembeli  atau  pemasang  lotere  apabila  bermaksud  dan  bertujuan  hanya  menolong  dan  mengharapkan  hadiah,  maka  tidaklah  terdapat  dalam  perbuatan  itu  satu  perjudian.  Apabila  seseorang  bertujuan  semata-mata  ingin  memperoleh  hadiah,  menurut  Muhammad  Fachruddin  perbuatan  itu  pun  tidak  termasuk  perjudian  sebab  pada  perjudian  kedua  belah  pihak  berhadap-hadapan  dan  masing-masing  menghadapi  kemenangan  atau  kekalahan.


Pada  bagian  akhir  tentang  lotere  Fuad  M.  Fachruddin  menjelaskan   sbb:
  1. Mengeluarkan  lotere  oleh  suatu  perkumpulan  Islam  yang  berbakti  adalah  dibolehkan.

  2. Menjual  lotere  yang  dilakukan  oleh  perkumpulan  Islam  yang  berbakti  dibolehkan.

  3. Membeli  lotere  di  samping  mendapatkan  hadiah  yang  dibagi-bagikan  oleh  perkumpulan  itu  dibolehkan.



Itu  semuanya  dibolehkan  tanpa  adanya  keharaman-keharaman,  sekalipun  maksud  pembeli  lotere  itu  untuk  mendapatkan  hadiah  semata-mata.


E.     PENERIMAAN  UANG  LOTERE  MENURUT  ABDUH


Muhammad  Abduh  sebagai  pengarang  kitab  tafsir  al  Manar  berpendapat  bahwa  umat  Islam  diharamkan  menerima  uang  hasil  undian  (lotere),  baik  secara  individual  maupun  secara  kolektif.  Alasannya  ialah  karena  hal  itu  termasuk  memakan  harta  orang  lain  dengan  cara  yang  batil.


Maksud  harta  yang  batil  menurut  Abduh  adalah  harta  yang  tidak  ada  imbangannya/imbalannya  dengan  sesuatu  yang  nyata.  Kata  batil  berasal  dari  kata  batlan  dan  butlanan  yang  artinya  sia-sia  dan  rugi.  Agama  telah  mengharamkan  mengambil  harta  tanpa  ada  imbalannya  yang  nyata  yang  dapat  dinilai  dan  tanpa  adanya  keridhaan  pemiliknya,  di  mana  harta  itu  diambil,  demikian  pula  haram  mendermakannya  pada  jalan  yang  tidak  ada  manfaatnya.


Dari  pendapat  Muhammad  Abduh  di  atas,  kiranya  dapat  kita  pahami  bahwa  memakan  harta  dengan  batil  ialah:
  1. Mencari  atau  mengambil  harta  orang  lain  dengan  tanpa  ada  imbalan  yang  nyata  yang  dapat  dinilai

  2. Menerima  atau  mengambil  harta  orang  lain  dengan  tanpa  ridhanya.



Atas  dasar  itulah  Muhammad  Abduh  berpendapat  haram  memberikan  shadaqah  kepada  seseorang  yang  masih  mampu  bekerja  sekalipun  apabila  orang  itu  tidak  diberi  sedekah  akan  jatuh  pailit  dan  meminta-minta.  Demikian  pula  bagi  orang  yang  masih  mampu  bekerja  dan  berusaha  diharamkan  menerima  sedekah  selama  tidak  dalam  kondisi  darurat,  bahkan  meskipun  dalam  keadaan  darurat.  Apabila  ia  masih  mampu  melepaskannya  dengan  berusaha  dan  bekerja,  maka  tetap  diharamkan  menerimanya.


Dalam  bagian  lain  dijelaskan  oleh  Muhammad  Abduh  mengenai  pendapat  fuqaha  yang  menyatakan  bahwa  seseorang  yang  tidak  mempunyai  pakaian  sama  sekali  untuk  menutup  auratnya,  maka  dia  tidak  wajib  meminjam  pakaian  kepada  orang  lain,  maka  dia  harus  shalat  dengan  telanjang,  dia  tidak  dibolehkan  menerima  pemberian  pakaian  dari  orang  lain.


Dengan  berprinsip  pada  pendapatnya  di  atas,  Abduh  mengharamkan  menerima  dan  mengambil  hadiah  orang  yang  menang   dalam  lotere  (undian)  dan  pada  akhirnya  diharamkan  pula  memanfaatkan  hasil  lotere  tersebut.
Pertanyaan  yang  diajukan  audien  selama  kami  melakukan  diskusi  hanya  ada  satu  pertanyaan  yaitu  apakah  taruhan  melalui  handphone  diperbolehkan?
Jawabannya  tidak  boleh  karena  ulama  sepakat  mengharamkan  taruhan  dalam  segala  bentuk  termasuk  melalui  hp  walaupun  tidak  berhadap-hadapan.
BAB  III
PENUTUP


A.     KESIMPULAN
 
      Dari  uraian  tersebut  di  atas  kami  mengambil  kesimpulan  bahwa:


Ibrahim  Hosen  menyimpulkan  bahwa  yang  dimaksud  dengan  maisir/judi  adalah  permainan  (baik  yang  lama  maupun  yang  baru  timbul)  yang  mengandung  unsur  taruhan  dan  dilakukan  secara  berhadap-hadapan  atau  langsung.  Sedangkan  apabila  unsur  berhadap-hadapan/langsung  tidak  ada  atau  unsur  taruhan  itu  ada  tetapi  tidak  dilakukan  secara  berhadap-hadapan/langsung,  maka  jelas  permainan  itu  tidak  bisa  dikategorikan  sebagai  maisir  atau  judi.


Di  dalam  buku  A.  Hasan  yang  berjudul  Soal  Jawab  tentang  Berbagai  Masalah  Agama  dijelaskan  bahwa  kebanyakan  para  ulama  mengharamkan  lotere  sekalipun  hasil  lotere  tersebut  digunakan  untuk  derma.  Pasalnya  menurut  kebanyakan  ulama,  derma  yang  diberikan  ini  tidak  atas  dasar  keikhlasan,  sedangkan  dalam  konteks  Islam,  ikhlas  merupakan  salah  satu  masalah  yang  dianggap  pokok.


Fuad  M.  Fachruddin  berpendapat  bahwa  lotere  tidak  termasuk  salah  satu  perbuatan  judi  (maisir)  yang  diharamkan  karena  illat  judi  atau  maisir  tidak  terdapat  dalam  lotere.  Kemudian  dikatakan  bahwa  pembeli  atau  pemasang  lotere  apabila  bermaksud  dan  bertujuan  hanya  menolong  dan  mengharapkan  hadiah,  maka  tidaklah  terdapat  dalam  perbuatan  itu  satu  perjudian.  Apabila  seseorang  bertujuan  semata-mata  ingin  memperoleh  hadiah,  menurut  Muhammad  Fachruddin  perbuatan  itu  pun  tidak  termasuk  perjudian  sebab  pada  perjudian  kedua  belah  pihak  berhadap-hadapan  dan  masing-masing  menghadapi  kemenangan  atau  kekalahan.