Rpp matematika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Madrasah        : MIN Pasir Agung
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester        : IV/I
Pertemuan ke            : II
Alokasi Waktu          : 2 x 35 menit


I.                    Standar kompetensi
Memahami dan menggunakan sifat – sifat operasi hitung bilangan dalam memecahkan masalah


II.                 Kompetensi Dasar
Mengurutkan Bilangan


III.               Indikator
  1. Mengurutkan bilangan dari yang kecil ke yang besar

  2. mengurutkan bilangan dair yang besar ke yang kecil

  3. menyusun bilangan dari yang kecil ke yang besar.

  4. menyusun bilangan dari yang besar ke jyang kecil

  5. menentukan nilai tempat suatu bilangan



IV.              Tujuan Pembelajaran
  1. siswa dapat mengurutkan 5 bilangan cacah dari yang kecil ke yang besar

  2. Siswa dapat mengurutkan 5 bilangan cacah dari yang besar ake yang kecil

  3. siswa dapat menyusun 5 bilangan cacah dari yang kecil ke yang besar

  4. siswa dapat menyusun 5 bilangan cacah dari yang besar ke yang kecil

  5. siswa dapat menentukan nilai tempat suatu bilangan.



V.                 Materi Pokok
Operasi hitung bilangan


VI.              Metode Pembelajaran
  1. Tanya Jawab

  2. Diskusi

  3. Pemberian tugas



VII.            Langkah – langkah pembelajaran
  1. kegiatan Awal

  1. salam, berdo’a dan absent

  2. menjelaskan KD dan indicator

  3. memberikan motivasi dan appersepsi

  4. memberi tugas kepada siswa



  1. Kegiatan inti



1


2


3


4


5
  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.

  2. setiap kelompok diberikan 5 kartu angka (1,2,3,4,5) contoh

  3. siswa dalam kelompok menyusun angka berbentuk 10 bilangan berbeda

  4. siswa membaca dan mencatat yang terbentuk

  5. siswa mengurutkan 10 bilangan yang terbentuk dari yang terkecil ke yang besar



11.343


11.343
















  1. siswa meneruskan 5 bilangan kelanjutannya dari sebuah bilangan yang dipilihnya sendirisecara berurutan contoh

  2. permainan antar kelompok

  3. satu orang siswa mewakili kelompoknya untuk berlomba menyusun kartu bilangan didepan kelas

  4. siswa yang dapat menyelesaikan tugas paling cepat yang dinyatakan menang dan diberi hadiah





  1. Kegiatan Akhir

  1. siswa membuat rangkuman hasil belajar tentang mengurutkan bilangan dari yang kecil atau sebaliknya serta hasil urutan bilangan yang tidak berurutan

  2. kegiatan penguatan

  3. kegiatan pemberian tugas atau PR

  4. mempersiapkan materi pembelajaran yang akan datang



VIII.         Alat dan Sumber
  1. kartu bilangan

  2. kotak nilai tempat

  3. buku matematika



IX.              Penilaian
-         tes tertulis
-         Soal tes
  1. urutkan bilangan – bilangan dibawah ini mulai dari yang terkecil

10.234,10.240,10238,10.241,10.236, 10.239, 10.235, 10.242, 10.237, 10243.


  1. Lengkapilah urutan bilangan dibawah ini…

………., ………, ………., 23.456, 23458, 23.460, ………., ………., ………..


  1. urutkan bilangan – bilangan dibawah ini mulai dari yang terbesar…..

30.946,30.954,30.949,30.948,30.950,30.952,30.947,30.951,30.945





LEMBARAN KERJA SISWA




1.      Urutkan bilangan – bilangan berikut ulai dari yang terkecil!





Bilangan
Urutan


  1. 346,462,265,623,561

  2. 4.326,2.137, 3.245

  3. 13.708,11.465, 10.893







2.      urutkan bilangan – bilangan berikut mulai dari yang terbesar!





Bilangan
Urutan


  1. 17.261, 9.875, 13.062

  2. 33.998, 40.025, 25.724